WISATA GEROBAK SAPI


Apa Itu Wisata Gerobak Sapi?
Wisata Gerobak Sapi pertama kali dilaksanakan dan diresmikan oleh GKR Hemas pada tanggal 29 April 2015 di Omah Teh Somodaran yang bertempat di Dusun Somodaran, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Wisata Gerobak Sapi adalah kegiatan wisata berbasis pembelajaran dengan cara yang santai dan menyenangkan. Gerobak sapi sebagai alat transportasi tradisional akan digunakan untuk membawa wisatawan dari satu tempat ke tempat lain dalam suatu kawasan. Di beberapa tempat yang dilalui, wisatawan akan dilibatkan dalam kegiatan sehari-hari warga dan komunitas lokal.

Wisata Gerobak Sapi merupakan penggabungan antara alat transportasi tempo dulu dengan kekhasan serta potensi unggulan suatu kawasan sehingga wisatawan dapat mengenal, merasakan, dan memahami sistem kehidupan serta nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat setempat.

Wisata Gerobak Sapi memberikan beberapa alternatif kegiatan, antara lain:
   - Belajar Membatik
   - Menabuh Gamelan
   - Membuat Wayang
   - Membuat Gerabah
   - Bercocok Tanam
   - Memasak Kuliner Lokal
   - Melukis
   - Budidaya Perikanan
   - Peternakan dan Perkebunan
   - Bermain Permainan Tradisional
   - Aktivitas-aktivitas lain yang menghibur dan edukatif

Mengapa Wisata Gerobak Sapi Diselenggarakan?
Wisata Gerobak Sapi hadir untuk memberikan alternatif kegiatan bagi wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di samping itu, penyelenggaraan Wisata Gerobak Sapi juga diharapkan mampu mendorong gerakan untuk memberdayakan masyarakat sekaligus melestarikan budayanya.

Penyelenggaraan Wisata Gerobak Sapi melibatkan berbagai elemen pendukung seperti paguyuban gerobak sapi, penduduk lokal, pengurus desa wisata, komunitas sadar wanita, serta pemangku kepentingan lainnya.

Di Mana Wisata Gerobak Sapi Diselenggarakan?
Wisata Gerobak Sapi diselenggarakan di beberapa tempat yang memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing, mulai dari benda dan situs peninggalan nenek moyang, bentang alam dan lahan, kehidupan sosial budaya, sistem pertanian, sentra kriya dan kerajinan, dan berbagai potensi unggulan lain yang ada di beberapa kawasan maupun desa wisata.

Penyelenggaraan dan penentuan lokasi kegiatan Wisata Gerobak Sapi dapat disesuaikan dengan tema, minat, dan aktivitas yang diinginkan oleh wisatawan.

Wisata Gerobak Sapi merupakan kegiatan eduwisata yang cocok untuk mengenalkan lingkungan alam dan sosial kepada anak usia dini, serta orang dewasa dan orang tua yang ingin bernostalgia menghirup udara segar dan menikmati suasana pedesaan sambil naik gerobak sapi.

Informasi dan Pemesanan Paket Wisata Gerobak Sapi silahkan menghubungi kami...